Sabtu, 12 Maret 2016

Aksara Puisi dan Pendidikan

A.      Pengertian Trend Mode
            Trend berasal dari bahasa inggris yang berarti mengikuti model mutakhir. Sedangkan mode atau fashion secara etimologi menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, mode merupakan bentuk nomina yang bermakna ragam cara atau bentuk terbaru pada suatu waktu tertentu.
             mode pada kalangan remaja pada saat ini diartikan sebagai cara atau gaya berpakaian pada remaja yang selalu mengikuti perkembangan zaman, yang dari zaman ke zaman selalu ada pembaharuan baik dari segi bentuk, warna, variasi yang disebabkan karena kemajuan IPTEK (Ilmu Pengetahuan dan tekhnologi).
            Kemajuan tekhnologi informasi, komunikasi dan transportasi, serta makin menonjolnya ekonomi dan perdagangan yang telah mendorong terwujudnya globalisasi, memberi peluang terjadinya infiltrasi budaya barat sebagai ukuran tata nilai dunia dalam segala aspek bidang kehidupan.
            Gaya berpakaian warga kota-kota besar di negara-negara berkembang tidak dapat dibedakan dengan gaya berpakaian warga kota di Amerika Serikat dan Eropa. Celana jeans dan potongan rambut, misalnya telah menunjukkan betapa globalisasi telah mempengaruhi warga dunia utamanya kaum remaja.
B.       Istilah-istilah trend mode
1.    Fashion
               Fashion adalah istilah umum untuk gaya populer atau praktek, khususnya di pakaian, sepatu, atau aksesori. Mode referensi untuk sesuatu yang tren saat ini dalam tampilan dan berdandan seseorang. Gaya yang berlaku dalam perilaku juga. Istilah yang lebih teknis, kostum, telah menjadi begitu terkait di mata publik dengan "mode" istilah yang istilah yang lebih umum "kostum".
2.    Departement Store
       Departement Store adalah tempat semacam toko yang menjual barang-barang khusus untuk Fashion yang dirancang oleh designer ternama. Umumnya Departement Store yang besar adalah Departement Store yang menggunakan nama atau Label luar. Salah satu contoh Departement Store adalah N.y.L.a , The Body Soul, Zara, Sogo, S. Olliver, Calvin Clein, Banana Republik, dan lain-lain.
3.    Kerangka pemikiran
a.         Beberapa informasi yang telah saya dapatkan dari beberapa pihak maupun media di seluruh dunia. Informasi akan dijelaskan di bawah ini: ada tahun 1995, beberapa pengamat Fashion menjelaskan bahwa Fashion berawal dari Benua
Eropa yang dimulai dari pakaian para Ratu dan Putri di Inggris yang anggun dan menawan sehingga para warganya juga ingin mengenakannya dan menganggap itu adalah tren Fashion
b.         Pada tahun 1995, seorang pengamat Fashion menjelaskan bahwa pada abad ke 8 di Moor Spanyol seorang musisi terkenal Ziryab memperkenalkan canggih pakaian-gaya berdasarkan timing musiman dan harian dari aslinya Baghdad dan inspirasi sendiri untuk Córdoba di Al-Andalus
c.         Ditemukan bukti bahwa similar perubahan mode terjadi di Timur Tengah dari abad ke-11, setelah kedatangan Turki, yang memperkenalkan gaya pakaian dari Asia Tengah dan Timur Jauh .
d.        Pada abad ke-14 , yang termasuk sejarawan James Laver dan Fernand Braudel tanggal awal Barat dalam mode pakaian.
e.         Pada tahun 1780-an dengan penerbitan peningkatan ukiran Perancis yang menunjukkan gaya terbaru Paris, meskipun telah ada pembagian boneka dari Perancis berpakaian sebagai pola sejak abad 16, dan Abraham Bosse telah menghasilkan ukiran mode dari 1620. Pada 1800, semua orang Eropa Barat yang berpakaian sama (atau pikir mereka) variasi lokal pertama menjadi tanda budaya provinsi, dan kemudian lencana dari petani konservatif.
f.          Pada tahun 1858 diambil sebagai tanggal sejarah desain fashion, ketika Inggris lahir Charles Frederick Worth membuka haute couture di Paris. Sejak saat itu desainer profesional telah menjadi tokoh semakin lebih dominan, meskipun asal-usul mode banyak street fashion.
g.         Untuk wanita flapper gaya tahun 1920-an ditandai perubahan yang paling utama dalam gaya yang selama beberapa abad, dengan pemendekan drastis dari panjang rok, dan jauh lebih longgar pas pakaian.
h.         Saat ini diketahui 4 ibukota Fashion atau yang biasa disebut Jantung Fashion adalah New York City, Milan, Paris , dan London . Minggu Mode diadakan di kota-kota, di mana desainer memamerkan koleksi pakaian baru mereka untuk penonton, dan yang semuanya markas ke perusahaan mode terbesar dan terkenal dengan pengaruh besar mereka pada mode global.
i.           Perkembangan Fashion di Indonesia diawali pada saat Indonesia masih dijajah oleh Belanda dan Inggris. Mode pakaian para putri Inggris dan Noni Belanda menjadi awal tren pakaian. Kemudian dilanjut dengan berkembangnya Globalisasi di Indonesia yang membuat kita dapat mengetahui perkembangan Fashion Negara Lain melalui akses Internet dan majalah.
C.      Hipotesis
a.    Penyebab trend mode berkembang di kalangan remaja disebabkan karena perkembangan tekhnologi yang semakin maju, dan sebagian besar remaja menjiplak dari media, internet, maupun majalah atau surat kabar.
b.    Dampak yang ditimbulkan trend mode mempengaruhi perubahan nilai sikap, cara berpakaian serta menurunnya norma-norma pada remaja.
c.    Cara mengatasi trend mode pada remaja dapat diatasi melalui bimbingan orang tua, dengan membatasi penggunaan tekhnologi pada anak, serta lebih menanamkan nilai-nilai agama.         

1 komentar:

  1. Wynn Las Vegas and Encore Resort Hotel Packages - JT Marriott
    Book and save with JT Marriott's award-winning Hotel Packages & 구미 출장샵 Discounts. 바카라 사이트 쿠폰 Browse travel deals, hotel deals 서울특별 출장마사지 and 울산광역 출장안마 discounts, plus 양산 출장안마 find a Lower Price

    BalasHapus